Telepon: 024 6724715

Artikel

  • Home
  • Berita
  • Kembangkan GLS Agar Lebih Baik dan Tingkatkan Efektivitas Ekskul

Kembangkan GLS Agar Lebih Baik dan Tingkatkan Efektivitas Ekskul

  • Jumat, 01 Desember 2023
  • 60 views

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) merupakan kegiatan rutin tahunan untuk menilai kinerja kepala sekolah, PKKS yang dilakukan oleh pengawas juga sebagai bentuk pendampingan untuk sekolah swasta. Demikian antara lain diungkapkan oleh Drs Pandoyo Edi Hertomo, M.Pd, pengawas SMK saat melakukan kegiatan PKKS di SMK PGRI 01 Semarang, Kamis 30/11/2023. Setelah melakukan pengawasan dan penilaian banyak hal terhadap kinerja kepala SMK PGRI 01 Semarang, selanjutnya Drs Pandoyo menjelaskan, bahwa Program gerakan literasi sekolah (GLS) yang dilaksanakan di sekolah ini sudah bagus. Terkait dengan itu Pandoyo menyarankan agar dibuat pula grafik kunjungan perpus, boleh bulanan atau pun tiap semester. " Pengembangan dan pemberian reward GLS kepada siswa berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sudah bagus. Begitu juga penilaian dan pemberian hadiah kepada siswa dalam pemanfaatan buku-buku perpustakaan sangat bagus untuk memotivasi para siswa dalam mensukseskan gerakan literasi sekolah", ujar Pandoyo.

Diharapkan juga agar dalam upaya pembinaan dan peningkatan prestasi sekolah dokumentasikan setiap event yang diikuti siswa termasuk dalam Hal penduplikatan tropi/ media, sekarang sudah ada teknologi printer 3D"Evaluasi kegiatan ekskul yang ada juga perlu dilakukan, untuk melihat efektivitasnya dalam pembinaan dan pengembangan bakat, minat dan potensi siswa melalui kegiatan yang dilakukan", ujar Pandoyo lebih lanjut.

Beberapa hal juga diapresiasi oleh pengawas terkait managemen sekolah, yakni inventarisasi aset, pelaksanaan
kurikulum dengan pembelajaran berbasis HOTs, serta pembudayaan literasi dan numerasi siswa. Selanjutnya terkait model seragam kejuruaan untuk siswi (putri) dikatakan Pandoyo, sebaiknya disesuaikan dengan penampilan layaknya pekerja kantoran.

Sebelumnya, Kepala SMK PGRI 01 Semarang, Dra. Hj. Titi Yulestariani saat menyampaikan sambutan dalam acara tersebut mengaku gembira menerima kehadiran pengawas dan menyatakan kesiapanya dilakukan visitasi dokumen dan dilakukan pengawasan dalam kegiatan PKKS oleh pengawas. Titi selanjutnya juga menjelaskan tentang keadaan sekolah yang terdiri dari 13 rombel untuk jurusan Akuntansi dan MPLB dengan jumlah siswa keseluruhan 398, jumlah guru sebanyak 26 orang dan  karyawan 6 orang.

Dijelaskan pula bahwa SMK PGRI 01 Semarang telah mulai menerapkan digitalisasi administrasi menggunakan siardu.com. "Ini tidak hanya digunakan untuk e-learning tetapi juga untuk penyimpanan surat masuk-keluar (e-correspondent). Inventarisasi  sarpras (e-sarpras) .. penyimpanan dokumen kurikulum (e-kurikulum). Ditambahkan, dalam waktu dekat sekolah sedang mengusahakan presensi siswa, guru dan karyawan dengan barcode", ungkap Titi menjelaskan.
Turut mendampingi kepala sekolah dalam kegiatan PKKS tersebut, para Wakil kepala sekolah, yakni Septi Kurniawati (bidang kurikulum), Ismun Aji S. (Bidang Humas), Tunggul Siswo utomo (bidang Sarpras dan ketenagaan), dan Yanu Eko Chr.(bidang kesiswaan) serta para kaprodi dan sejumlah guru lainya. 

Penulis  : Purwanto S.Pd

Editor   : Abdul Hakim Pamungkas Putra S.Pd


Share This Post:

Search

Kategori

Testimonial

Copyright © 2024 SMK PGRI 01 SEMARANG