Telepon: 024 6724715

Artikel

SMK PGRI 01 Semarang Bebas Stunting

  • Sabtu, 09 September 2023
  • 237 views

Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk bisa melakukan berbagai kegiatan. Demi terwujudnya kesehatan anak-anak, agar mereka dapat belajar dengan baik, SMK PGRI 01 Semarang telah menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang dan Puskesmas Gayamsari. Demikian diungkapkan Rr. Mira Mardiana, S.Pd selaku penanggung jawab UKS SMK PGRI 01 Semarang, Jumat 8 September 2023.
Hal tersebut diungkapkan Mira usai mendampingi Tim dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Gayamsari yang melakukan Screening kesehatan pada seluruh siswa kelas X di sekolah tersebut.

Tim dari Dinas Kesehatan terdiri Dr. Ilma, Ayat, dan 3 orang perawat pada kesempatan itu melakukan pemantauan atau screening kesehatan anak-anak dengan memeriksa mata telinga dan gigi serta tinggi badan dan berat badan siswa. Ayat, koordinator UKS mengungkapkan pihaknya juga memberikan edukasi kesehatan kepada para siswa untuk memastikan mereka tumbuh dan berkembang dengan baik, serta terpenuhi kebutuhan gizinya.
"Terkait dengan hal tersebut kami secara rutin memberikan tablet tambah darah (TTD) kepada anak di sekolah ini", ujar Ayat.
Dijelaskan untuk remaja putri dibutuhkan 52 tablet per anak per tahun dan di drop ke sekolah seminggu sekali. Diungkapkan, kegiatan tersebut juga bagian dari upaya pencegahan Stunting yang menjadi program kesehatan nasional.

"Alhamdillah di SMK PGRI 01 Semarang ini tidak ada yang mengalami gejala stunting" ujar Ayat menjelaskan.

Tetkait dengan tablet tambah darah (TTD) dokter Ilma berharap bapak/ibu guru turut memastikan tablet yang diberikan benar-benar diminum oleh anak-anak. "Karena anemia itu bisa berdampak pada kondisi kesehatan yang lain", jelasnya

 

Penulis : Purwanto S.Pd

Editor  : Abdul Hakim Pamungkas Putra S.Pd


Share This Post:

Search

Kategori

Testimonial

Copyright © 2024 SMK PGRI 01 SEMARANG